Jl. Marsan Sejahtera, Gg. Ega V

Perum. Indah Megah

0852-7154-0435

24/7 Customer Support

Sen - Sab : 09:00 - 16.00

Online store always open

Cara Mengatasi Audio dan Video Tidak Sinkron di Adobe Premiere Tanpa Ribet

Cara Mengatasi Audio dan Video Tidak Sinkron di Adobe Premiere

Cara mengatasi audio dan video tidak sinkron di Adobe Premiere saat sedang melakukan editing video. Masalah ketidaksinkronan audio dan video ini adalah yang paling sering dihadapi ketika sedang mengedit video, biasanya penyebabnya adalah resolusi video tidak didukung oleh spek PC sehingga aplikasi tidak sanggup melakukan prosesnya.

Jenis-jenis Frame Rate

Seperti apapun anda mencoba menyelaraskan, ketidaksinkronan ini pasti akan terjadi karena adanya perbedaan pada jenis frame rate. File video memiliki 2 jenis frame rate yaitu:

Constant Frame Rate (CFR)

Video jenis ini memiliki jumlah frame yang sama tiap detiknya. Sebagai contoh video 24 fps berjenis CFR maka video akan menampilkan 24 frame pada tiap detiknya dari awal hingga akhir video.

Variable Frame Rate (VFR)

Video jenis ini memiliki jumlah frame yang naik turun tiap detiknya. Contohnya video 30 fps berjenis VFR maka video akan menampilkan jumlah frame berbeda-beda di tiap detiknya, dapat naik atau turun namun dengan rata-rata 30 fps.

Baca juga : Cara Membuat Filter Jedag Jedug

Hal ini membuktikan bahwa Adobe Premiere belum sepenuhnya mendukung untuk penggunaan video berjenis VFR. Jumlah fps yang berubah-ubah tiap detik membuat audio dan videonya menjadi tidak sinkron ketika video tersebut diimport ke Adobe Premiere.

Mengatasi Ketidaksinkronan Audio dan Video

Ketidakberdayaan Adobe Premiere mendukung video VFR adalah alasan mengapa sering terjadi ketidaksinkronan video dan audio. Berikut ini kami akan memberi tahu cara mengatasi audio dan video tidak sinkron di Adobe Premiere, dengan cara menginstall software Apple QuickTime atau Handbrake pada PC anda.

Apple QuickTime

Dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka Window File Explorer dan aktifkan opsi File Name Extensions sehingga format dari setiap file yang ada di komputer anda akan terbaca.
  • Ubah format file video yang akan diedit di Adobe Premiere menggunakan format .dif
  • Refresh folder dan import video ke Adobe Premiere, dan anda dapat memulai melakukan editing
  • Sebagai catatan file dengan format .dif tidak akan terbaca tanpa aplikasi Apple QuickTime

Baca juga : Aplikasi Edit Video Jedag Jedug

Handbrake

Dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi kemudian buka file yang akan diedit
  • Lakukan pengaturan pada menu Summary dan Video
  • Pada menu Summary adalah pengaturan format, dengan cara centang pilihan Web Optimized
  • Pada menu video adalah pengaturan frame rate, ubah fps menjadi 30 atau 60 kemudian pilih opsi Constant Framerate
  • Pilih tempat untuk menyimpan file pada bagian browse
  • Pilih tombol Start Encode, tunggu hingga prosesnya selesai dan muncul pemberitahuan Queue Finished
  • Sebagai catatan aplikasi ini berfungsi untuk melakukan convert audio ataupun video sesuai ukuran yang ingin disesuaikan. Kelebihannya dari converter lain adalah adanya fitur Web Optimized agar dapat mendukung video yang diunggah

Demikian adalah cara mengatasi audio dan video tidak sinkron di Adobe Premiere tanpa perlu ribet, jika anda ingin membuat sebuah video yang keren tapi terlalu malas untuk mengedit sendiri Dhiaproduction siap membantu anda. Perusahaan kami menyediakan jasa editor video, dan dikerjakan oleh tim yang professional dibidangnya.

Mengenai hasil video anda tak perlu khawatir karena Dhiaproduction telah menghasilkan banyak video yang berkualitas. Produk yang dapat dihasilkan meliputi video iklan, review, event dan peliputan, company profile, bahkan video broll untuk hasil video yang cinematic. Info lebih lengkap dapat dilihat pada laman https://dhiaproduction.com.

DHIA Production

DHIA Production

DHIA Production merupakan sebuah website penyedia Jasa Digital Branding, Pembuatan dan Editor Video yang berlokasi di Pekanbaru, Riau.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

DHIA Production - Jasa Digital Content, Jasa Video, Jasa Personal Branding, Jasa Review, dll.