Jl. Marsan Sejahtera, Gg. Ega V

Perum. Indah Megah

0852-7154-0435

24/7 Customer Support

Sen - Sab : 09:00 - 16.00

Online store always open

Kamu Videographer? Ketahui Jenis – Jenis Shot / Pengambilan Gambar Ini Terlebih Dahulu

Jenis Pengambilan Gambar

Jenis Pengambilan Gambar – Sebagai seorang videographer ataupun filmmaker, kamu pasti ingin memghasilkan sebuah karya yang bisa memukau penonton, secara visual maupun psikologikal. Maka dari itu perlu sebelum membuat konten atau karya yang bisa memuaskan diri ataupun penonont, seorang filmmaker ataupun videographer perlu mengetahui jenis-jenis pengambilan gambar.

Karena dengan pengambilan gambar yang sesuai bisa menambah kesan dan membawa penonton untuk merasakan visual yang disajikan. Dengan mengetahui jenis-jenis shot kamu bisa paham untuk memberikan transisi shot kepada penonton dari satu shot ke shot lainnya sehingga visual tidak terasa datar.

Inilah beberapa Jenis Shot atau pengambilan gambar yang perlu kamu ketahui :

Extreme Long Shot / Extreme Wide Shot

Contoh Extreme Long Shot atau Extreme Wide Shot
Contoh Extreme Long Shot / Extreme Wide Shot (Film : Inglorious Bastards oleh Quentin Tarantino)

Jenis Shot ini membuat subjek telihat dengan menunjukkan lokasi subjek berada secara luas. Shot ini akan membuat subjek dalam kamera terasa kecil, jauh ataupun terasingkan. Dan jenis shot ini bisa dipakai untuk pembuka sebuah scene sekaligus untuk menunjukkan dimana subjek sedang berada ataupun memperkenalkan dunia dalam film.

Long Shot / Wide Shot

Contoh Long Shot atau Wide Shot
Contoh Long Shot / Wide Shot (Film : Mad Max :Fury Roadoleh George Miller)

Long Shot hampir sama dengan Extreme Long Shot, tetapi sedikit lebih dekat. Jika subjek adalah orang, maka seluruh tubuhnya akan terlihat tetapi tidak memenuhi frame dan juga background atau lokasi tempat subject berada akan lebih terlihat jelas. Di shot ini kita bisa merasakan bagaimana perasaan subject atau tokoh dalam film berada di tempat yang sesuai atau tidak.

Baca juga : Music Video

Full Shot

Contoh Full Shot
Contoh Full Shot (Film : Guardians of The Galaxy oleh James Gunn)

Di sini, lokasi atau background tidak terlalu difokuskan, karena fokus utama haruslah pada karakter. Selain itu, shot ini harus memiliki batas pengambilan karakter dari ujung kepala hingga ujung kaki, tidak terlalu fokus kepada ekspresi.

Jenis Shot ini juga bisa digunakan untuk mengambil beberapa karakter dalam satu pengambilan sesuai dengan lebar shotnya.

Medium Long Shot / Medium Wide Shot

Contoh Medium Long Shot atau Mediun Wide Shot
Contoh Medium Long Shot / Mediun Wide Shot (Film : Captain Marvel oleh AnnaBoden)

Medium Long Shot mengambil subject dari lutut sampai ke ujung kepala. Jenis Shot ini juga untuk membedakan Full Shot dan Medium Shot. Shot ini juga bisa diambil dari angle manapun, tidak masalah jika mau mengambil dari belakang.

Medium Shot

Contoh Medium Shot
Contoh Medium Shot (Film : No Country for Oldman oleh Coen Brothers)

Medium Shot merupakan jenis pengambilan gambar yang paling sering digunakan. Shot ini lebih pada subjek dengan background yang masih terlihat jelas dan diambil dari bagian pinggang karakter hingga ujung kepala. Medium Shot juga sering kali dapat digunakan saat karakter sedang melakukan dialog dan biasanya disambung dengan Close Up Shot.

Medium Close Up

Contoh Medium Close Up
Contoh Medium Close Up (Film : Inception oleh Christopher Nolan)

Medium Close Up menunjukkan subjek dari sekitar dada hingga ujung kepala. Shot ini membuat karakter terlihat sedikit lebih jauh walaupun berada dekat dengan subjek lainnya. Jenis Shot ini juga biasanya dipakai saat karakter sedang melakukan dialog dan juga sangat cocok untuk mengambil sebuah reaksi. Medium Close Up juga bisa membuat menggambarkan karakter tidak memiliki ruang gerak, sehingga menimbulkan kesan claustrophobic kepada penonton.

Baca juga : Event Documentation Foto atau Video

Close Up

Contoh Close Up
Contoh Close Up (Film : The Silence of the Lambs oleh Jonathan Demme)

Jika ingin mengambil suatu ekspresi karakter, Close Up merupakan jenis shot yang paling cocok. Jenis Shot ini memperlihat seberapa dekat wajah karakter, karena gambar karakter diambil dari leher hingga ujung kepala. Close Up sangat cocok untuk mengambil adegan dramatis yang berfokus kepada ekspresi karakter dan tanpa sadar bisa menyampaikan apa yang dirasakan karakter kepada penonton.

Extreme Close Up

Contoh Extreme Close Up
Contoh Extreme Close Up (Film : Little Miss Sunshine oleh Valerie Faris)

Jenis Shot ini memperlihatkan gambar yang fokus kepada objek atau pergerakan yang spesifik. Lebih mengarahkan kepada penonton mana yang harus mereka lihat, dan biasanya itu adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Bisa saja hanya mengambil mata, atau mulu, atau pistol. Karena d shot yang sempit dan hanya fokus satu titik, penonton tidak akan melewati apa yang ditampilkan dalam shot tersebut.

Jadi inilah beberapa jenis pengambilan gambar yang wajib diketahui. Ditambah dengan artistik dan teknik saat pengambilan gambar, kalian pasti bisa membuat hasil yang sudah terbayangkan dikepala ataupun lebih. Setelah mempelajari jenis-jenis shot ini kalian bisa juga meng-eksplore lebih semuanya tergantung dengan apa yang kalian buat dan apa yang ingin kalian sampaikan.

Sampai jumpa.

5/5 - (1 vote)
DHIA Production

DHIA Production

DHIA Production merupakan sebuah website penyedia Jasa Digital Branding, Pembuatan dan Editor Video yang berlokasi di Pekanbaru, Riau.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

DHIA Production - Jasa Digital Content, Jasa Video, Jasa Personal Branding, Jasa Review, dll.