Jl. Marsan Sejahtera, Gg. Ega V

Perum. Indah Megah

0852-7154-0435

24/7 Customer Support

Sen - Sab : 09:00 - 16.00

Online store always open

Tips Tranformasi Kamar Menjadi Youtube Studio

Tranformasi kamar menjadi Youtube Studio

Tips Tranformasi Kamar Menjadi Youtube Studio – Menjadi seorang Youtuber atau Content Creator pasti membutuhkan tenaga, ide kreatif, kesabaran dan perjuangan yang panjang. Terlebih lagi seorang Youtuber akan sangat nyaman saat membuat sebuah konten jika mempunyai sebuah studio sendiri, terlebih jika seorang Youtuber Gaming atau reviewer. Sebuah studio menjadi sebuah hal penting yang harus pertimbangkan, karena dengan memiliki sebuah studio yang mendukung dengan tema atau konten, para viewer atau subscriber akan lebih tertarik menonton kontennya.

Tranformasi kamar menjadi Youtube Studio
Tranformasi kamar menjadi Youtube Studio

Memang tidak mudah dan tidak murah untuk mempunyai studio sendiri, tetapi jika kamu memiliki sebuah kamar yang menurutmu cukup dari segi luas dan kapabilitasnya, maka tidak salah merenovasi kamarmu sendiri menjadi sebuah studio untuk membuat konten atau pun mengedit kontenmu.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan untuk merenovasi kamar menjadi Studio Youtube :

Cahaya / Lighting

Setup Lighting
Setup Lighting

Cahaya merupakan hal yang penting untuk sebuah Studio Youtube. Karena dengan menggunakan setup lighting yang sesuai, kesan visual dalam video akan menjadi lebih menarik.

Baca juga : Tipe Video Promosi

Jika kamarmu memiliki jendela atau ventilasi yang memungkinkan cahaya dari luar bisa masuk kedalam kamar, akan membantu studio mu terlihat lebih natural. Sedangkan jika tidak mudah masuk cahaya, kamu bisa membeli cahaya tambahan dari Lighting, seperti LED. Jika kamu menggunakan LED kamu bisa menabahkan kertas jilid berwarna sesuai dengan yang kalian inginkan. Ditambah LED Strip yang bisa merubah warna cahaya yang bisa ditempatkan dimanapun sehingga setiap sudut atau dari property yang ada dalam studio terlihat lebih berwana.

Suara / Sound

Suara harus perhatikan agar suara yang kita keluarkan saat membuat video didalam studio agar suara tidak bergema atau pun menimbulkan getaran pada benda-benda di sekitar studio. Tetapi kamu harus memperhatikan juga suara yang akan masuk dari luar ruangan, karena jika terjadi kebocoran, kamu harus mengulang pengambilan suaranya lagi.

Busa peredam suara
Busa peredam suara

Dan juga kamu tidak jika harus mengeluarkan suara keluar studio, dan mengganggu orang-orang dirumah, maka dari itu peredam suara juga sangan dibutuhkan. Cara-cara klasih yang orang lain biasa gunakan yaitu menggunakan tempat telur, biasanya tempattelur itu akan ditempelkan di dinding, lalu di cat agar terlihat lebih menarik.

Dan jika memiliki dana yang cukup kamu bisa membeli karpet dinding ataupun busa peredam. Warna peredam ditambah dengan setup lighting yang sesuai, akan membuat kualitas gambarmu juga semakin menarik.

Baca juga : Tahap Membuat Video Company Profile

Latar Belakang / Background

Penting untuk diperhatikan latar belakang yang kamu gunakan seperti apa. Karena dengan memilih latar belakang yang tepat akan berdampak besar untuk hasil videomu. Ada dua pilihan untuk latar belakang yaitu latar belakang palsu dan asli.

Latar Belakang Palsu

Contoh Background palsu
Contoh Background palsu

Latar belakang palsu biasanya menggunakan latar dinding, backdrop, ataupun greenscreen. Keuntungan dari mengguakan latar belakang palsu yaitu, sangat mudah untuk diatur, membuat kamu menjadi yang difokuskan, membuatmu lebih konsisten, dan terlihat lebih professional. Kamu bisa juga menggunakan greenscreen, seperti streamer atau Youtube Gaming sering gunakan. Tetapi kamu harus hati-hati, karena jika kamu tidak memiliki cahaya dari lighting yang cukup, akan membuat hasil video greenscreen mu terlihat kotor.

Latar Belakang Asli

Contoh Background Asli
Contoh Background Asli

Latar belakang asli yaitu menggunakan ruangan yang ada ditambah dengan beberapa benda-benda pendukung karakteristik dari sebuah konten. Jika kamu memiliki penataan yang menarik, rapi, tidak salah jika hanya menggunakan latar belakang asli. Dan juga saat proses shooting berjalan kamu bisa membuat visual yang memiliki blur yang menarik dibagian latar belakang.

Inilah beberapa tips untuk kamu yang ingin memiliki studio youtube sendiri, tidak perlu mahal, selama mendukung karakteristik dari kontenmu, konten yang kamu buat juga akan menarik banyak viewer ataupun subscriber. Untuk lebih lanjut lagi kamu bisa menonton video dari Dhika Adrian dalam seputar membuat konten youtube mu menjadi lebih menarik.

 



Esisode 2 :


Sampai jumpa.

5/5 - (1 vote)
DHIA Production

DHIA Production

DHIA Production merupakan sebuah website penyedia Jasa Digital Branding, Pembuatan dan Editor Video yang berlokasi di Pekanbaru, Riau.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

DHIA Production - Jasa Digital Content, Jasa Video, Jasa Personal Branding, Jasa Review, dll.